Thursday, September 28, 2017

Bore UP Supra X 125 Helm In 54 mm

Supra x 125 Helm In, motor bongsor bagasi luas, menurut saya supra x 125 helm in ini memiliki body plastik lebih kencang alias tidak berisik seperti supra x 125 (bukan helm in), sekedar mau share motor ini baru selesai saya bore up menjadi 132 cc, awalnya hanya pengen sekedar ganti CDI BRT akan tetapi penasaran juga pengen di bore up. Berikut spesifikasi standar Supra X 125 Helm In yang diambil dari website http://www.astra-honda.com/product/supra-x-helm-in/

Apa saja yang dikerjakan untuk bore up ini, kurang lebih seperti ini :
  1. Seher standar Supra X 125 Helm In yang berdiameter 52,4 mm dipensiunkan diganti menggunakan seher Kaze diameter 53 mm oversize 100 menjadi 54 mm, dengan begitu volume silinder meningkat menjadi 132,5 cc. Pada piston kaze sedikit dilakukan penyesuain supaya tidak terjadi benturan dengan klep.
  2. CDI standar diganti menjadi CDI BRT Juken 3 
  3. Porting Polish Cylinder Head supaya dapat memasukkan bahan bakar lebih lancar
  4.  Bubut Camshaft/Noken As 
  5. Bubut liner piston menyesuaikan diameter piston yang baru 
  6. Bubut Squish dan Bubut Seher

Piston diganti punya Kawasaki Kaze os 100 (54 mm) 

Piston Lama  Berdiamater 52,4 mm terlihat sudah mulai menghitam

Noken As dibubut durasi dan lift di sesuaikan dengan kebutuhan mesin


Piston dan Blok Silinder yang sudah di bubut siap untuk di pasang


Lalu berapa biaya yang dikeluarkan untuk bore up tersebut kurang lebih seperti ini :
  1. CDI BRT Dual Band Juken 3 = Rp 700.000
  2. Korter Liner Bubut Piston dsb = Rp 500.000
  3. Porting Polish = Rp 150.000
  4. Bubut Noken As = Rp 200.000
  5. Sil Klep dan Skir Klep = Rp 50.000
  6. Seting ECU Juken 3 = Rp 150.000
  7. Oli Mesin Shell AX7 = Rp 50.000
  8. Paking = Rp 45.000
Total Rp 1.845.000

Pengerjaan bore up tersebut saya serahkan ke bengkel Kems Brother di Jl Nusantara, Depok. Saat ini baru mencapai kurang lebih 50 an KM, saran sang mekanik jangan langsung dipake ngebut dulu karena masih dalam masa inreyen, maklum liner silinder abis dibubut dan piston baru jadi harus saling mengenal dan menyatu terlebih dahulu, hehehe..selama pakai dalam masa inreyen power sudah terasa bedanya, gas dikit sudah ngacir dan menuju 100 kmj rasanya enteng, tapi ane belum berani sering2 ngebut selain karena safety (jalan padat) juga takut mesin kenape2. Kendala awal mungkin karena masih dalam mas inreyen masih terasa agak ndut2an waktu jalan pelan dan sedikit ngelitik, hari ini ane masukin lagi ke bengkel untuk di lakukan seting ulang ECU dan ganti oli sekalian. nanti saya update review nya setelah seting ulang ECU, keep safety on the road. Cmiiww



3 comments:

  1. Untuk jalan tanjakan kuat gak bang stelah di bore up ???

    ReplyDelete
  2. Suaranya Halus apa agak ngelitik?!

    ReplyDelete
  3. Klo buat bore up seher sonic papas noken as nya brpa mm ya hu

    ReplyDelete